Senin, November 30, 2015

KAUNIYAH DAN HUMANISME DALAM PUISI *

Catatan Kesan atas Antologi Puisi “Pengembaraan Burung”
A. Syauqi Sumbawi

Kehidupan dunia adalah “kawah penyadaran”, dimana manusia berhadapan dengan realitas yang menuntutnya untuk memahami keberadaan dirinya secara luas. Tidak hanya di dunia, pemahaman itu pun melintasi berbagai alam, baik alam arwah maupun alam barzah dan akhirat—serta hal-hal eskatologis lainnya—. Dari keseluruhannya, “proses bersama waktu” merupakan keniscayaan. Karena itu, manusia tidak cukup diibaratkan laiknya “kertas putih” yang kosong, melainkan berisi potensi kemanusiaan—fithrah--, baik jasmani, rasional, maupun spiritual, yang tidak lain merupakan “bekal” manusia untuk memahami hidup dan kehidupannya di dunia.
Lantas, siapakah manusia itu?! Tentunya, tidak mudah untuk menjawab pertanyaan tersebut. Hal ini disebabkan permasalahan kemanusiaan merupakan hal yang kompleks. Tidak hanya mengenai diri sendiri, kompleksitas tersebut juga lahir dari keterkaitannya dengan sesama, lingkungan, serta keberadaan dzat yang dikenal sebagai Tuhan. Begitu juga keberadaan dan hidupnya yang menjadi kauniyah. Karena itulah, “membaca”—sebagaimana wahyu pertama yang diturunkan kepada Nabi Saw—merupakan syarat mutlak, sekaligus diperintahkan bagi manusia. 
***

Membaca “Pengembaraan Burung”: Keterlibatan Manusia dalam Kauniyah dan Humanisme
Kauniyah dan humanisme, menjadi hal penting untuk dikemukakan terkait keberadaan manusia di dunia, sekaligus menjadi catatan kesan penulis atas puisi-puisi yang terkumpul dalam antologi puisi “Pengembaraan Burung.” Di sini, keterlibatan manusia dengan kauniyah—yang notabene adalah medan inspirasi universal—, menjelma sebagai “moment puitika”. Kemudian dengan “potensi puitika”-nya, manusia menjadikannya sebagai “medan makna” yang indah; bermakna bagi kemanusiaan. Dengan concern yang beragam dari 26 penyair yang hadir , antologi ini tidak lain merupakan hasil dari “pembacaan” manusia terhadap dirinya sendiri dalam seluruh dimensi kehidupannya, sekaligus memproyeksikan humanisme-nya secara universal.

Untuk pembahasan lebih jauh mengenai humanisme dalam konteks “Pengembaraan Burung” yang beragam tersebut, maka perlu bagi penulis berangkat dari konsep-konsep al-Qur’an terkait keberadaan manusia. Di sini, al-Qur’an menyebut manusia dalam beberapa terminologi, yaitu abd Allah, al-basyr, al-insan, al-naas, bani Adam, al-ins, dan khalifah fi al-ardl. Dari beberapa terminologi tersebut, yang kemudian dikombinasikan dengan perspektif filosofis-antropologis, setidaknya didapatkan sebuah kerangka pemahaman atas keberadaan manusia dalam kehidupannya secara luas, yaitu sebagai pribadi atau persona, sebagai hamba Tuhan atau makhluk religious, sebagai makhluk sosial, dan sebagai makhluk lingkungan. 
*** 

“Pengembaraan Burung” dan Manusia sebagai Persona: Proses Bersama Waktu dan Eksistensi Manusia
Ekspresi manusia sebagai pribadi atau persona menjadi bagian terbesar dari puisi-puisi yang terdapat dalam antologi ini. Selain membuktikan antusiasme manusia terhadap diri sendiri, hal ini menguatkan stigma terkait salah satu keunikan manusia, yakni upayanya dalam memahami eksistensinya di dunia. Pada titik ini, tampak bahwa “menjadi manusia” bukan perkara sederhana. Proses kemanusiaan bukan proses yang instans, melainkan proses yang menunjuk pada pengembaraan menuju kesadaran, serta melibatkan seluruh potensi dan segala keterkaitan yang menyertainya.

Dari keseluruhannya, proses bersama waktu menjadi keberadaan penting yang melingkupinya, baik dalam kesadaran maupun ketidaksadarannya. Waktu yang mendesak tanpa ragu dengan kandungan segala musimnya, dimana pada gilirannya melahirkan kenangan, kenyataan, dan harapan. Hingga bumi tak bernama, demikian baris terakhir puisi “Pengembaraan Burung” karya Herry Lamongan, mengisyaratkan akhir pengembaraan di dunia. Dalam posisinya sebagai kauniyah, proses ini juga menjadi sesuatu yang harus dipahami manusia dalam hidupnya.

Melalui pembacaan sederhana, proses bersama waktu di atas dapat kita temukan dalam puisi karya Herry Lamongan—“Kabut di Ubun Usia”—, 2 puisi karya Anis Ceha—“Perjalanan Waktu” dan “Metamorfosa”—, 2 puisi karya Bambang Kempling—“Hampir Pagi” dan “Tak Ada”—, serta 2 puisi Luqman Almishr—“Rayu Embun” dan “Muara Waktu”—.

Kemudian dalam proses bersama waktu itulah, dualitas hidup menjadi keniscayaan yang berkelindan mengiringi historisitas manusia, baik idealitas-realitas, suka-duka, serta berbagai manifestasinya yang lain. Begitu juga dengan harapan dan cita-cita, kegagalan dan penyesalan. Hal ini tampak pada beberapa puisi, seperti karya Anis Ceha—“Kidung”—, puisi karya Pringgo Hr—“Sore Tadi”—, 2 puisi karya Imamuddin SA—“Menggulung Senja” dan “Di Stadion”—, puisi karya Nuruddin Zanky—“Sepasang Tetes Hujan”—, puisi karya Dhilla Lembayung Senja—“Kenangan Daun Pisang”—, dan puisi karya Iis RA—“Aku Ingin”—.

Menyadari kehidupan bukan proses yang sederhana, melainkan berat dan melelahkan, terutama disebabkan oleh “kekalahan hidup”, maka wajar jika pada titik terendah, manusia pun dihantui oleh keputusasaan, sebagaimana tergambar pada 2 puisi karya Bambang Kempling—“Pada Sebuah Pementasan” dan “Dalam Hujan”—, 2 puisi karya Pringgo Hr—“Luka Senja” dan “Sajak Belum Selesai”—, dan puisi karya Luqman Almishr—“Perkabungan”—. Kendati demikian, satu hal yang digarisbawahi bahwa hidup manusia adalah proses yang harus tiba pada waktunya. Kesan ini dapat kita lihat pada puisi karya Herry Lamongan—“Memandang Langit Lepas”—, puisi karya Pringgo Hr—“Stasiun Batu”—, puisi karya Ahmad Shodiq—“Bangun”—, dan puisi karya Nuruddin Zanky—“Lorong Paling Sunyi”—.

Berbagai pengalaman yang hadir dari proses bersama waktu di atas, pada gilirannya melahirkan ruang-ruang reflektif bagi manusia untuk memandang hidup dan kehidupannya. Manusia memahami, menilai, mengambil hikmah dan memberi makna atas keberadaannya di dunia. Pada konteks ini, tidak keliru dikatakan bahwa manusia adalah “pembelajar sejati” dari seluruh peristiwa yang hadir bersama waktu—kauniyah—. Hal ini ditunjukkan oleh beberapa puisi, antara lain puisi karya Iis RA—“Berguru pada Matahari”, 3 puisi karya Tulus Setiyadi—“Kebijaksanaan”, “Kesadaran Diri”, dan “Pengendalian Diri”—, puisi karya Benningdot—“Sesal”—, puisi karya Abdi Rahmansyah—“Berhias”—, puisi karya Benny Nasrullah—“Kunang-kunang di Batu Nisan”—, puisi karya Suharsono A.Q—Tusuk Jarum—, puisi karya Zuhdi Swt—“Notasi Hidup yang Meredup”—, puisi karya Imamuddin SA—“Ajari Aku Melukis”—, dan puisi karya Saiful Anam Assyaibani—“Cerita Pendek tentang Membaca Cakrawala Pada suatu Adegan Pementasan”—.

Pemahaman terhadap eksistensi manusia secara filosofis dapat kita baca dalam puisi karya Saiful Anam Assyaibani—“Perjalanan di Atas Bukit”, yang menyuguhkan sejarah universal manusia di dunia, puisi karya Imamuddin SA—“Aku Tak Lagi Penyair”— mengungkapkan eksistensi terkait manifestasi diri, puisi karya Benningdot—“Wayang”—menampilkan dimensi batin eksistensi manusia, dan puisi karya Amiruddin—“Kosong”—menggambarkan upaya manusia dalam memahami keberadaan dirinya. 
***

“Pengembaraan Burung” dan Manusia sebagai Makhluk Religius: Mengenal Tuhan dan Ragam Spiritualitas
Salah satu kesadaran yang dimiliki manusia dalam hidupnya, yaitu keberadaannya sebagai makhluk religius. Pada titik ini, pengenalan terhadap Realitas Tunggal yang menguasai hidup dan kehidupannya, memunculkan berbagai interpretasi dan ekspresi dinamis atas hubungan manusia dengan-Nya. Proses “pengenalan” juga menjadi “pintu pertama” yang pada gilirannya melahirkan ragam spiritualitas manusia. Hal inilah yang menjadi kesan dalam diri penulis atas puisi-puisi bertema religi dalam antologi “Pengembaraan Burung”.

Sebagaimana diketahui, ragam spiritualitas merupakan realitas yang diakui dalam agama—Islam—. Dalam hal ini, konsep syariat, thariqat, hakikat, dan ma’rifat menjadi bukti dari keragaman tersebut. Begitu juga dengan konsep ma’rifah, musyahadah, mukasyafah, mahabbah. Bahkan Tuhan pun mengenalkan Diri sesuai dengan pemahaman yang dimiliki oleh manusia. Karena itu, tidak salah jika ungkapan dan penyebutan manusia kepada-Nya berbeda antara satu dengan yang lain. Dalam tradisi Islam, Tuhan mengenalkan diri-Nya dengan “99 nama yang baik” atau asmaul husna.

Berkaitan dengan uraian di atas, dapat dipahami bahwa risalah kenabian menjadi keberadaan penting dalam historisitas umat manusia. Tidak hanya memberikan petunjuk tentang Tuhan, tetapi juga dalam membangun keshalihan pada diri manusia serta revolusi masyarakat menuju tata nilai kehidupan yang sesuai dengan tuntunan yang diajarkan-Nya. Dalam episode ini, nabi yang notabene adalah manusia muncul sebagai personal model atau teladan yang baik (uswatun hasanah), yang merupakan konkritisasi dari idealitas-idealitas religius, terutama sebagai insan kamil. Dalam spektrum yang luas, pentingnya sejarah kenabian dapat kita temukan dari puisi karya Saiful Anam Assyaibani—“Nubuat”—, dan puisi karya Ahmad Zaini—“Purnama Tergantung Sendiri”—.
Dalam tradisi Islam, idealitas hubungan antara manusia dengan Tuhannya menunjuk pada ketakwaan, yang secara umum diartikan menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Hal ini disebabkan oleh keyakinan bahwa Tuhan Maha Segalanya, yang menguasai seluruh alam semesta, sebagaimana yang diungkapkan dalam 2 puisi karya Ahmad Zaini—“Keremangan” dan “Tertiup Angin Kemarau”—, puisi karya Amiruddin—“Kupinjam Nama-Mu”—, puisi karya Zuhdi Swt— “Yaa Alim”—.

Dinamika religiositas dan ekspresi spritualitas manusia kemudian berkembang sesuai dengan kondisi yang dihadapinya. Keberadaan harapan dan doa kepada Tuhan diungkapkan dalam puisi karya Benny Nasrullah—“Aku Belajar Padamu”—, 2 puisi karya Benningdot—“Cita” dan “Kekasih”—, puisi karya Iis RA—“Ketika Putih”—, 2 puisi karya A. Inuy EA—“Simfoni Sang Penjaga” dan “Di Atas Hamparan Sajadah”—, 2 puisi karya Zuhdi Swt—“Mengintip Dunia di Balik Jeda Aksara” dan “Yaa Bashir”—.

Berikutnya, ungkapan mohon ampun atas dosa dan kesalahan, serta kondisi jauh dari-Nya dapat kita temukan dalam puisi karya Ahmad Zaini—“Simpuh Malam”— puisi karya Benny Nasrullah—“Alif-Mu”—”, puisi karya Abdi Rahmansyah—“Tercurah di Malam”—. Sementara ekspresi religiositas yang dipengaruhi oleh entitas yang lain, baik manusia maupun kondisi, dapat kita temukan dalam 2 puisi karya Thoni Mukarrom IA—“Ziarah I” dan “Ziarah II”—, 2 puisi karya Amiruddin—“Semacam Berdzikir” dan “Bagaimana Sempat”—, serta puisi karya Ahmad Shodiq—“Begal”—.

Dimensi esoteris (sufistik) manusia dalam posisinya sebagai makhluk religius menjadi kesan utama dari beberapa puisi di bawah ini, dimana proses pengenalan kembali, terutama pada tataran hakikat, menjadi pintu yang akan mengantarkan pada hubungan yang lebih dekat dengan-Nya. Tidak hanya antara hamba dengan Tuhan, tetapi menunjuk pada kemanunggalan dan mahabbah.

Pentingnya pengenalan dan pemahaman (ma’rifah) yang berlanjut pada penyaksian (musyahadah), setidaknya dapat kita temukan dalam puisi karya Herry Lamongan—“Memanggil Nama Laut”—. Begitu juga puisi Abill Rahmatullah—“Alamat Cinta”— yang di dalamnya terdapat kutipan salah satu hadits yang sangat populer dalam sufisme, yaitu man arafa nafsahu faqad arafa Rabbahu. Lebih lanjut, ekspresi puitika terkait tasawuf falsafi, yaitu wahdat al-wujud, ittihad, fana’-baqa’, serta hubb-syauq, tampak jelas pada puisi karya Tulus Setiyadi—“Cermin Diri”—, dan 3 puisi karya Abill Rahmatullah—“Jalan Rindu”, “Fatwa Rindu”, dan “Hutang Rindu”—.
***

“Pengembaraan Burung” dan Manusia sebagai Makhluk Sosial: Kedekatan Emosional dan Refleksi atas Realitas Sosial
Prinsip utama dari keberadaan manusia sebagai makhluk sosial, bahwa manusia tidak bisa hidup tanpa keberadaan manusia lain. Bahkan, penegasan eksistensi manusia sebagai individu yang “unik”, hanya bisa diwujudkan dengan kehadiran sesamanya. Hal inilah yang kemudian melahirkan konsep sosial atau masyarakat, dimana interaksi sosial menjadi bagian penting di dalamnya.

Keberadaan manusia sebagai makhluk sosial pada konteks “Pengembaraan Burung”, secara umum diproyeksikan oleh kedekatan emosional, baik simpati, empati, maupun kasih sayang, manusia terhadap sesamanya. Pada unit terkecil masyarakat, yaitu keluarga, berbakti kepada orang tua dalam segala manifestasinya, baik ketika masih hidup maupun telah wafat, tidak lain merupakan ekspresi kasih sayang manusia pada posisinya sebagai seorang anak. Di sini, romantisme masa kecil, tidak dipungkiri, menjadi sesuatu yang menggerakkan siklus afektif terkait peran-peran dari hubungan di antara keduanya, terutama ketika seorang anak telah dewasa. Kesan inilah yang tampak pada beberapa puisi berikut yaitu, puisi karya Suharsono A.Q—“Ruang Tamu”—, puisi karya Iis RA—“Ketika Hati”—, dan 2 puisi karya Emi Sudarwati—“Tangis Ibu” dan “Semalam Bersama Bapak”—.
Kedekatan emosional dalam lingkup keluarga, yakni antara suami dan istri, digambarkan oleh puisi karya saiful anam assyaibani—“Rahasia Asin Tubuhmu”—, yang menampilkan makna dan idealitas pernikahan dan rumah tangga, dengan inspirasi kehidupan para “tokoh” dalam tradisi dan sejarah Islam. Pada spektrum yang lebih umum, pemahaman atas diri manusia sebagai “jenis”—laki-laki dan perempuan—, melahirkan kedekatan emosional terhadap lawan jenis yang dikenal dengan istilah “cinta”. Sebagai hal yang manusiawi, maka tak keliru dikatakan bahwa manusia adalah makhluk cinta. Sederhananya, manusia dalam kehidupannya tidak lepas dari permasalahan terkait cinta ini, di mana pada gilirannya menciptakan kisah cintanya sendiri yang unik.

Keberadaan puisi-puisi bertema cinta dalam antologi ini menjadi bukti konkrit dari keberadaan manusia di atas. Berbagai kedekatan emosional terkait hubungan laki-laki dan perempuan bermanifestasi dalam bentuknya, yaitu puisi karya Rialita Fithra Asmara—“Lelaki Penanam Bunga”—, puisi karya Nuruddin Zanky—“Engkau Laut”—, puisi karya Ahmad Shodiq—“Berita Kasih Cinta”—, 4 puisi karya Luthfi Sepat—“Aku Sebulir Nasi”, “Aku Inderamu”, “Renda Gaun Rembulan” dan “Senandung Rumbai Bunga-bunga”—, puisi karya Suharsono A.Q—“Gadis Perbatasan”—, puisi karya Emi Sudarwati—“Menuju Sebuah Jembatan”—, puisi karya Abdi Rahmansyah—“Menggelar Pukat” dan “Sekat Rindu”—, 2 puisi karya Dhilla Lembayung Senja—“Malaikat Tanpa Sayap” dan “Melati Berdarah”—, 2 puisi karya Debby Niken Kartika Witasari—“Bila Cintamu yang Tersesat” dan “Bukan Karena Aku”—, serta puisi karya Thoni Mukarrom IA—“Senja di Pelabuhan Gresik”—. Lebih lanjut, realitas sosial juga menunjukkan fenomena lain terkait hubungan laki-laki dan perempuan di atas, yakni adanya distorsi dari nilai-nilai yang diakui oleh masyarakat, terutama nilai sosial-religius, serta kecenderungan untuk menjadi “jenis” yang anggap lebih mewadahi “kejenisan”-nya. Kesan ini ditunjukkan oleh 2 puisi karya Debby Niken Kartika Witasari— “Perempuan di Bawah Bulan” dan “Alif dan Dada Lelaki”—.

Kedekatan emosional terkait peran sosial, yakni profesi seorang guru, diungkapkan oleh puisi karya Emi Sudarwati—“Sekolah”—. Kesan lain yang bisa ditemukan dari puisi ini, yakni keberadaan manusia yang multiperan, dimana pada kondisi tertentu akan memainkan peran yang berbeda, baik sebagai seorang ibu rumah tangga, seorang guru, maupun peran lainnya, tergantung konteks sosial yang dihadapinya.

Poin penting dari keberadaan manusia sebagai makhluk sosial mengarah pada pembacaan dan refleksinya terhadap realitas sosial di masyarakat. Kedekatan emosional terhadap “kaum marjinal” menjadi kesan utama dari beberapa puisi, seperti puisi karya A. Inuy EA—“Perempuan Tayub”—, puisi karya Nuruddin Zanky—“Wanita Penyedu Laut”—. Sementara kritik terhadap industrialisasi dan pembangunan yang acapkali mengabaikan dampak sosial bagi masyarakat, kecuali keuntungan financial, diungkapkan dalam puisi karya Thoni Mukarrom IA—“Mengunjungi Kotamu”—

Pada konteks ke-Indonesia-an, refleksi terhadap realitas sosial dalam kehidupan berbangsa dan bernegara diungkapkan oleh puisi karya Rialita Fithra Asmara—“Negeri Sapu Tangan”—, dan puisi karya Benny Nasrullah—“Wajah Negeriku”—, yang menampilkan kritik terhadap rasa nasionalisme kita sebagai bangsa, terutama kalangan “penjaga”-nya yang seringkali menampilkan perilaku sebaliknya. Kemudian refleksi terhadap sejarah nasional—tokoh—, menjadi inspirasi bagi puisi karya Rialita Fithra Asmara—“Cut Nyak Dien Muda”— dalam menampilkan idealitas terkait berbagai permasalahan yang dihadapi anak bangsa—perempuan—dewasa ini.

Perpecahan di kalangan internal umat beragama—Islam—menjadi kesan penting dari puisi karya Dhilla Lembayung Senja—“Cerita Rembulan”—. Sementara pada konteks global, yakni hubungan antar bangsa, puisi karya Luqman Almishr—“Relief Gaza”— menampilkan empati terhadap nasib kemanusiaan sebuah bangsa (Palestina) yang berada dalam penindasan bangsa lain (Israel). 
***

“Pengembaraan Burung” dan Manusia sebagai Makhluk Lingkungan: Rusaknya Lingkungan Hidup dan Kritik Kemanusiaan Kita
Dalam perspektif ekologis-filosofis, hubungan manusia dengan lingkungan hidup merupakan sebuah keniscayaan. Sederhananya, antara manusia dengan lingkungan hidup terdapat keterikatan yang saling mempengaruhi di antara keduanya. Tanpa keberadaan lingkungan hidup, mustahil manusia bisa hidup. Juga, rusaknya lingkungan hidup mengakibatkan rusaknya kehidupan manusia di lingkungan tersebut. Hubungan manusia dengan lingkungan bersifat dinamis. Dari sisi manusia, hubungannya dengan lingkungan merupakan sebuah kesadaran yang termaknai dan menjadi dasar serta inti dari eksistensi dan kepribadiannya.

Hubungan saling mempengaruhi di antara manusia dan lingkungan hidup, memiliki sifat pengaruh yang berbeda dari keduanya. Pengaruh lingkungan hidup terhadap manusia bersifat pasif, sedangkan pengaruh manusia terhadap lingkungan hidup lebih bersifat aktif. Manusia dengan akalnya, memiliki kemampuan eksploratif terhadap alam, sehingga mampu merubah lingkungan hidup sesuai yang dikehendakinya. Di pihak lain, meskipun tidak mempunyai kemampuan yang sama dengan manusia, namun apa yang terjadi pada lingkungan hidup memberikan pengaruh terhadap kehidupan manusia. Perilaku eksploitatif-manipulatif manusia terhadap lingkungan hidup akan mengakibatkan kerusakan langsung kepadanya serta memberikan dampak negatif bagi kehidupan manusia.

Kerusakan lingkungan hidup merupakan masalah krusial secara global yang dihadapi oleh umat manusia dewasa ini. Permasalahan ini tidak hanya ditandai dengan berbagai fenomena alam, seperti tanah longsor, banjir, global warming, climate change, krisis air bersih, dan sebagainya, tetapi juga menunjuk pada penurunan kualitas sumberdayanya. Pada konteks “Pengembaraan Burung”, rusaknya lingkungan hidup ditunjukkan oleh puisi karya Rialita Fithra Asmara—“Surat Kepada Sungai”—, puisi karya A. Inuy EA—“Pesan dari Ibu”—, puisi karya Suharsono A.Q—“Kering”—, dan puisi karya Anis Ceha—“Gugur Daun”—. Kesan penting dari puisi-puisi tersebut menunjuk pada kritik terhadap kemanusiaan kita sebagai makhluk lingkungan. Sementara permasalahan terkait rusaknya sungai akibat perilaku manusia serta kekeringan, tidak lain merupakan gambaran sebenarnya dari perilaku ekologis masyarakat dan kondisi lingkungan yang disaksikan oleh para penyairnya.

Penutup 
Dengan lebih mengarah pada content puisi untuk mencari makna umum terkait kerangka konsep yang dikemukakan, yaitu kauniyah dan humanisme, tentunya tulisan ini memiliki banyak kekurangan, serta belum mewadahi seluruh unsur yang terkandung di dalamnya, baik intrinsik maupun ekstrinsik. Lepas dari itu, inilah “Pengembaraan Burung” yang menghadirkan humanisme dari pembacaan atas kauniyah yang hadir di hadapannya.[*]
***

*) Tulisan disampaikan pada Bedah Buku Antologi Puisi "PENGEMBARAAN BURUNG" pada Lamongan Art 2015, di Plaza Lamongan, Minggu 29 November 2015.

Tidak ada komentar:

A Rodhi Murtadho A. Anzieb A. Aziz Masyhuri A. Hana N.S A. Iwan Kapit A. Khoirul Anam A. Kurnia A. Purwantara A. Qorib Hidayatullah A. Rego S. Ilalang A. Syauqi Sumbawi A.C. Andre Tanama Aa Sudirman Abd. Basid Abdul Aziz Rasjid Abdul Ghofar Abdul Hadi W.M. Abdul Kirno Tanda Abdul Lathif Abdul Malik Abdul Muid Badrun Abdul Wachid B.S. Abdullah Alawi Abdullah Ubaid Matraji Abdurrahman Wachid Abdurrahman Wahid Abonk El ka’bah Acep Zamzam Noor Ach. Nurcholis Majid Achmad Farid Tuasikal Achmad Maulani Adi Faridh Adi Marsiela Adi Sucipto Adian Husaini Aditya Ardi N Adreas Anggit W. Adrian Ramdani AF. Tuasikal Afnan Malay Afrizal Malna AG Hadzarmawit Netti AG. Alif Agama Para Bajingan Agnes Majestika Aguk Irawan M.N. Agung Prihantoro Agus Aris Munandar Agus B. Harianto Agus Bing Agus Buchori Agus M. Irkham Agus Noor Agus R Sarjono Agus S Warman Agus Sri Danardana Agus Sulton Aguslia Hidayah AH J Khuzaini Ahda Imran Ahid Hidayat Ahmad Badrus Sholihin Ahmad Farid Yahya Ahmad Fatoni Ahmad Maltup SA Ahmad Muchlish Amrin Ahmad Muhli Junaidi Ahmad Rafiq Ahmad Rifa’i Rif’an Ahmad Syafii Maarif Ahmad Taufik Ahmad Thohari Ahmad Tohari Ahmad Yulden Erwin Ahmad Zaini Ahmadun Yosi Herfanda Akhiriyati Sundari Akhmad Fatoni Akhmad Sekhu Akhmad Taufiq Akmal Nasery Basral Al-Fairish Alang Khoiruddin Alex R Nainggolan Ali Irwanto Ali Mahmudi CH Ali Rif’an Alvi Puspita Amang Mawardi Ambarukminingsih Amien Wangsitalaja Aming Aminoedhin Amir Hamzah Amirullah Ana Mustamin Anam Rahus Andari Karina Anom Andhi Setyo Wibowo Andik Nurcahyo AndongBuku #3 Andry Deblenk Anindita S. Thayf Aning Ayu Kusuma Anis Faridatur Rofiah Anjrah Lelono Broto Antologi Sastra Lamongan Anwari WMK Aprillia Ika Arie MP Tamba Arie Yani Arief Junianto Arif Bagus Prasetyo Arif Firmansyah Arifun Najib Arman A.Z. Arswendo Atmowiloto Arti Bumi Intaran Arys Hilman Asarpin Asep Sambodja Asrama Mahasiswa Aceh Sabena Asri Bariqah Awalludin GD Mualif Azumardi Azra Azyumardi Azra Baca Puisi Badaruddin Amir Balada Bambang kempling Bambang Satriya Bamby Cahyadi Bandung Mawardi Beni Setia Benni Indo Benny Benke Benny D Koestanto Bentara Budaya Yogyakarta Berita Berita Koran Bernada Rurit Bernarda Rurit Berthold Damshauser Binhad Nurrohmat Bonari Nabonenar Brunel University London Budaya Budi Darma Budi Palopo Budi Purnomo Buldanul Khuri Bunda Zakyzahra Tuga Bungaran Antonius Simanjuntak Candrakirana Capres dan Cawapres 2019 Catatan Cawapres Jokowi Cerpen Chairil Anwar Chamim Kohari Che Guevara Coronavirus Cover Buku Kritik Sastra Cover Depan Majalah Progresif SMA Wahid Hasyim Model edisi II Cover Depan Majalah Progresif SMA Wahid Hasyim Model edisi IV Cover Majalah Progresif SMA Wahid Hasyim Model edisi V D. Zawawi Imron Dadan Maula Darmawan Dadang Ari Murtono Dahlan Kong Damanhuri Zuhri Damar Juniarto Damhuri Muhammad Daniel Paranamesa Darju Prasetya Darmanto Jatman Dedy Tri Riyadi Dedykalee Deni Ali Setiono Deni Jazuli Denny Ardiansyah Denny JA Denny Mizhar Desa Glogok Karanggeneng Lamongan Desi Sommalia Gustina Desiana Medya A.L Dewan Kesenian Lamongan Dewi Indah Sari Dhanu Priyo Prabowo di Bluri di Karangasem Dian Sukarno Diana AV Sasa Diana Ifrina Ernawati Dinas Komunikasi dan Informatika Prov. Jatim Dinas Perpustakaan Daerah Lamongan Dini Tri Dinoroy M. Aritonang Dion Maulana Prasetya Diskusi buku Djaka Susila Djenar Maesa Ayu Djesna Winada Djoko Pitono Djoko Saryono Djulianto Susantio Dody Kristianto Dody Yan Masfa Dr. Hilma Rosyida Ahmad Drs H Budiono Herusatoto Drs H Choirul Anam Drum Band MI Miftahul Ulum (Kuluran) Dudi Rustandi Dunia Penerbitan Indonesia Dwi Arjanto Dwi Cipta Dwi Fitria Dwi Kartika Rahayu Dwi Nikmatika Roma Dwi Pranoto Dwidjo Maksum Dyah Ayu Fitriana Eddy D. Iskandar Edeng Syamsul Ma’arif Edi Faisol Edy Firmansyah Edy Sartimin Eka Budianta Eka Fendri Putra Eko Hendri Saiful El Sahra Mahendra Elly Burhaini Faizal Elly Trisnawati Ellyn Novellin Emerson Yuntho Emha Ainun Nadjib Emil WE Endang Supriyadi Endi Haryono Endri Y Erdogan Esai Esha Tegar Putra Esme Fadliha Etik Widya Evan Ys Evieta Fadjar F Rahardi Fadjriah Nurdiarsih Fahmi Fahrudin Nasrulloh Fakhrunnas MA Jabbar Fanani Rahman Faris Al Faisal Fariz al-Nizar Fatah Anshori Fatah Yasin Noor Fathurrahman Karyadi Felix K. Nesi Festival Mocosik Festival Seni Internasional 2010 Yogyakarta Festival Seni Internasional 2014 Yogyakarta Festival Teater Religi Festival Teater Religi Pelajar SLTA Se-kabupaten Lamongan festivalsenisurabaya.com Fikri. MS Firdawsi Fortus Pake Forum Lingkar Pena Forum Lingkar Pena Lamongan Forum Penulis dan Penggiat Literasi Lamongan (FP2L) Forum Santri Nasional Foto Franditya Utomo Fransiskus Nesten Marbun ST Franz Magnis-Suseno Friski Riana Fuad Hasan Nasihin Fuji Pratiwi Furqon Lapoa Galuh Tulus Utama Ganug Nugroho Adi Gde Artawa Gede Mugi Raharja Gedung Sabudga UNISDA Lamongan Gedung Sangbala Gerakan Literasi Nasional Gerakan Surah Buku (GSB) Gito Waluyo Goenawan Mohamad Golput Grathia Pitaloka Gugun El-Guyanie Gunoto Saparie Gus Ahmad Syauqi Ma’ruf Amin Gus Dur H Ikhsan Effendi H. Usep Romli H.M H.B. Jassin H.O.S Cokroaminoto Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf Hadi Napster Hadziq Jauhary Halim H.D. Halimatussa’diyah Hamberan Syahbana Hamluddin Hana Pertiwi Hanif Nashrullah Hardono Haris del Hakim Haris Firdaus Haris Priyatna Haris Saputra Hartono Harimurti Hary B Kori’un Hasan Aspahani Hasan Basri Hasan Junus Hasanuddin WS Hasnan Bachtiar Helmi Y Haska Helmy Tasaufy Hera Khaerani Herdiyan Heri C Santoso Heri Latief Herman Herman Hasyim Herman RN Herry Lamongan Herry Mardianto Hikmat Gumelar HL Renjis Magalah Homaedi I Made Asdhiana I Nyoman Suaka I Wayan Seriyoga Parta IBM. Dharma Palguna Ibnu PS Megananda Ibnu Rusydi Ibnu Wahyudi Ida Fitri Ignas Kleden Ilham Safutra Ilham Wancoko Imam Mustofa Imam Nawawi Imam Qodim Al-Haromain Imam Zanatul Huaeri Imamuddin SA Imelda Imron Arlado Imron Rosidi Imron Rosyid Imron Tohari Indrian Koto Ingki Rinaldi Ipik Tanoyo Ire Irvan Sihombing Isbedy Stiawan Z.S. Iskandar Noe Iskandar Zulkarnain Ismet NM Haris Ismi Wahid Isnanur Janah Iswadi Pratama Isyana Artharini Iwan Nurdaya-Djafar Iwank Jadid Al Farisy Jafar M Sidik Janual Aidi Javed Paul Syatha Jazzi Jejak Laskar Hisbullah Jombang Jembatan Kuno Yang Misterius Jiero Cafe Jihan Fauziah JJ. Kusni Jo Batara Surya Jodhi Yudono Jogjanews.com John Joseph Sinjal Joko Pinurbo Joko Sandur Joko Widodo Jual Buku Paket Hemat Juara Ke 3 Lomba Lompat Jauh DISPORA LAMONGAN Jumartono Jurnalisme Sastra Jusuf A.N K.H. M. Najib Muhammad K.H. Ma’ruf Amin K.Y. Karnanta Kadjie Mudzakir Kaheesa Kirania Putri Ayu Kang Daniel Kapal Nabi Nuh Karanggeneng Karkono Kasnadi Katrin Bandel Kautsar Muhammad Kedai Kopi Sastra Kedung Darma Romansha Kemah Budaya Panturan (KBP) KH Abdul Ghofur KH Bisri Syansuri KH. Abdul Aziz Masyhuri KH. M. Najib Muhammad KH. Ma'ruf Amin Khairul Mufid Jr Khoirul Abidin Khoirul Inayah Ki Ompong Sudarsono Ki Supriyoko Kiagus Wahyudi Kika Dhersy Putri Kitab Arbain Nawawi KITLV Koh Young Hun Koko Sudarsono Kompas TV Komplek Gor Kamantren Paciran Lamongan Komunitas Deo Gratias Komunitas Penulis Katolik Deo Gratias Komunitas Perupa Lamongan Komunitas Perupa Lamongan (KOSPELA) Komunitas Sastra Ilalang Indonesia (KSII) Komunitas Sastra Teater Lamongan (KOSTELA) Komunitas Teater Sekolah Kabupaten Gresik (KOTA SEGER) Komunitas-komunitas Teater di Lamongan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) Kopi Bubuk Mbok Djum Kopi Sunan Drajat Kopuisi Koskow Kostela KPRI IKMAL Lamongan Krisman Kaban Kritik Sastra Kukuh Yudha Karnanta Kulonprogo Kurnia Effendi Kurnia Sari Aziza Kurniawan Kurniawan Junaedhie Kurniawan Muhammad Kuswinarto L Ridwan Muljosudarmo Laboratorium Sinematografi dan Pertunjukan UNISDA Lamongan Lagu Lailiyatis Sa'adah Laksmi Sitoresmi Lamongan Lan Fang Langgeng Widodo Larung Sastra Lathifa Akmaliyah Leila S. Chudori Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama (LPNU) Leo Tolstoy Lina Kelana Linda Sarmili Literasi Liza Wahyuninto Lugiena De Lukas Adi Prasetyo Lukisan Lukisan Potret K.H. Hasyim Asy'ari karya Rengga AP Lukman Alm Lukman Santoso Az Luqman Almishr Lusia Kus Anna Lutfi S. Mendut Lynglieastrid Isabellita M Zainuddin M. Afif Hasbullah M. Faizi M. Lutfi M. Mushthafa M. Romandhon M. Sunyoto M. Yoesoef M. Yunis M.D. Atmaja M’Shoe Made Geria Mahendra Cipta Mahfud Ikhwan Mahmud Jauhari Ali Mahmud Syaltut Usfa Mahrus eL-Mawa Majelis Ulama Indonesia Malam Apresiasi Seni Tanahmerah Ponorogo Maman S. Mahayana Maqhia Nisima Marcus Suprihadi Mardi Luhung Mardiansyah Triraharjo Marhalim Zaini Maria D. Andriana Maria Magdalena Bhoernomo Maroeli Simbolon S. Sn Martin Aleida Maruli Tobing Mashuri Masuki M. Astro Matroni El-Moezany Mawar Kusuma Wulan Medco Media Lamongan Mega Vristian Mei Anjar Wintolo Meka Nitrit Kawasari Membongkar Mitos Kesusastraan Indonesia Memoar Memoar Purnama di Kampung Halaman Mentari Meida Mh Zaelani Tammaka MI Thoriqotul Hidayah Pilang 1 Mia Arista Michael Gunadi Widjaja Mien Uno (Ibunda Sandiaga Uno) Miftahul A’la Misbahus Surur Moch. Faisol Mochammad A. Tomtom Moh. Ghufron Cholid Moh. Jauhar al-Hakimi Moh. Samsul Arifin Mohamad Ali Hisyam Mohammad Afifi Mohammad Ali Athwa Mohammad Eri Irawan Mohammad Rafi Azzamy MTs Putra-Putri Simo Sungelebak Muh Kholid A.S Muhammad Al-Mubassyir Muhammad Alfatih Suryadilaga Muhammad Amin Muhammad Arif Muhammad Aris Muhammad Eko Nugroho Muhammad Hidayat Muhammad Muhibbuddin Muhammad Musa Muhammad N. Hassan Muhammad Rasyid Ridho Muhammad Subarkah Muhammad Yasir Muhammad Zuriat Fadil Muhammadun Muhammadun AS Muhidin M. Dahlan Mukafi Niam Mukhsin Amar Mulyani Hasan Mulyo Sunyoto Mulyosari Banyuurip Ujung Pangkah Gresik Jawa Timur Munawir Aziz Muntamah Cendani Musfarayani Musfi Efrizal N. Syamsuddin CH. Haesy Nadine Tri Duhita Naim Nanang Suryadi Naqib Najah Naskah Teater Nasrullah Nara Nazaruddin Azhar Neli Triana Ngatini Rasdi Nh. Anfalah Ni Luh Made Pertiwi F Ni Made Frischa Aswarini Ninuk Mardiana Pambudy Nono Anwar Makarim Noor H. Dee Noval Jubbek Noval Maliki Novel Novel Pekik Nu’man ’Zeus’ Anggara Nur Hayati Nur Kholiq Nur Kholis Huda Nurani Soliha Nurani Soyomukti Nurel Javissyarqi Nuruddin Al Indunissy Nurul Anam Nurul Komariyah Nuryana Asmaudi Obrolan Ochi Oil on Canvas Oky Sanjaya Orasi Budaya Akhir Tahun 2018 Paciran Pameran Seni Rupa Pangkah Kulon Ujungpangkah Gresik Panji Satrio Patung Sphinx PC. Lesbumi NU Babat PDS H.B. Jassin Pekan Literasi Lamongan 2020 Pelukis Dahlan Kong Pelukis Harjiman Pelukis Jumartono Pelukis Saron Pelukis Senior Tarmuzie Pendidikan Penerbit Progresif Penerbit PUstaka puJAngga Penerbit SastraSewu Pengajian Pengetahuan Peringatan Hari Santri TPQ Al-Hidayah 22 Oktober 2017 Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Pesantren Sunan Drajat Peserta TEMU SASTRA JAWA TIMUR 2011 Pilang Tejoasri Lamongan Jawa Timur Pilang Tejoasri Laren Lamongan Jawa Timur Politik Pondok Pesantren Al-Madienah Pondok Pesantren Ali Bin Abi Thalib Kota Tidore Kepulauan Pondok Pesantren Pendopo Watu Bodo Pramoedya Ananta Toer Pramono Pringgo HR Prof Dr Achmad Zahro Prof Dr Aminuddin Kasdi Prosa Proses Kreatif Puisi Puji Santosa Puput Amiranti N Purnawan Andra Pusat Dokumentasi Sastra H.B. Jassin Puspita Rose Pustaka GU Pustaka Ilalang PUstaka puJAngga Putri Utami Putu Setia Putu Wijaya R. N. Bayu Aji R. Timur Budi Raja Radhar Panca Dahana Rafita Dewi Rahmah Maulidia Rahmat Sularso Nh Rakai Lukman Rakhmat Giryadi Rameli Agam Rana Akbari Raras Cahyafitri Ratih Kumala Raudal Tanjung Banua Raudlotul Immaroh Redland Movie Reiny Dwinanda Rengga AP Resensi Revdi Iwan Syahputra Riadi Ngasiran Rian Sindu Ribut Wijoto Ridlwan Ridwan Munawwar Riki Utomi Rinny Srihartiny Rinto Andriono Risang Anom Pujayanto Robert Adhi Kusumaputra Robin Al Kautsar Roby Karokaro Rodli TL Rof Maulana Rofiqi Hasan Rojiful Mamduh Rokhim Sarkadek Rosdiansyah Rosi Rosidi Rudi S. Kalianda Rukardi Rumah Budaya Pantura Rumah Budaya Pantura (RBP) Rumah Budaya Pantura Lamongan Rx King Motor S Jai S Yoga S.W. Teofani Sabiq Carebesth Sabrank Suparno Sabrina Asril Sainul Hermawan Sajak Salamet Wahedi Salim Alatas Salman Rusydie Anwar Samsudin Adlawi Sanggar Pasir Sanggar Pasir Art and Culture Sanggar Rumah Ilalang Sapardi Djoko Damono Sarabunis Mubarok Saratri Wilonoyudho Sari Oktafiana Sasti Gotama Sastra Satmoko Budi Santoso Saut Situmorang Sayuri Yosiana Sejarah SelaSastra SelaSastra #24 di Boenga Ketjil Jombang Selvie Monica S Sendang Duwur Tahun 1920 Seno Gumira Ajidarma Seno Joko Suyono Septi Sutrisna Sergi Sutanto Shiny.ane el’poesya Shohebul Umam JR Sidik Nugroho Wrekso Wikromo Sifa Sigit Susanto Sihar Ramses Simatupang Simon Saragih Sirikit Syah Siti Muti’ah Setiawati Siti Muyassarotul Hafidzoh Siti Sa’adah Siwi Dwi Saputro Sjifa Amori Slamet Rahardjo Rais Slavoj Zizek Soelistijono Soetanto Soepiadhy Sofian Dwi Sofyan RH. Zaid Sohirin Sony Prasetyotomo Sosiawan Leak Sreismitha Wungkul Sri Mulyani Sri Wintala Achmad ST Indrajaya Stanley Adi Prasetyo Stefanus P. Elu Suci Ayu Latifah Sudarmoko Sudirman Hasan Sugeng Ariyadi Sugeng Wiyadi Sugiarto Sugito Wira Yuda Suhartono Sujatmiko Sukardi Rinakit Sukitman Sumenep Sunarno Wibowo Sunaryono Basuki Ks Sungatno Sunlie Thomas Alexander Sunu Wasono Sunudyantoro Supriyadi Suripto SH Surya Lesmana Suryanto Sastroatmodjo Susianna Susie Evidia Y Sutamat Arybowo Sutardi Sutardji Calzoum Bachri Sutejo Suyadi San Suyatmin Widodo Svet Zakharov Syaf Anton Wr Syaiful Bahri Syaiful Irba Tanpaka Syaiful Mustaqim Syaikh Prof. Dr. dr. Yusri Abdul Jabbar al-Hasani Asyadzili Syaikh Yusri al-Hasani Al Azhari Syamsul Arifin Syi'ir Tamrin Bey TanahmeraH ArtSpace Tanjung Kodok Tahun 1947 Tasman Banto Taufik Rachman Taufiq Ismail Taufiq Wr. Hidayat Teater Teater Air Teater Bias Teater Biru Teater Cepak Teater Dua Teater Ganast MAN Lamongan Teater Kanjeng Teater Lingkar Merah Putih Teater Mikro Teater nDrinDinG Teater Nusa Teater Padi Teater Sakalintang Teater Sangbala Teater Sundra Teater Tali Mama Teater Taman Teater Tewol Teater Tewol Lamongan Teguh LR Teguh Winarsho AS Temu Karya Teater Jawa Timur XXI Temu Penyair Timur Jawa Tengsoe Tjahjono Thamrin Dahlan Tharie Rietha The Ibrahim Hosen Institute (IHI) Thohir Thompson Hs Tito Sianipar Tjahjono Widarmanto Tjahjono Widijanto To Take Delight Toni Munajat Tosa Poetra Tri Andhi S Tri Wahono Trisno S. Sutanto Triyanto triwikromo Tu-ngang Iskandar Tulus S Umar Fauzi Umbu Landu Paranggi Unieq Awien Universitas Airlangga Surabaya Universitas Jember Untung Basuki Ustadz Charis Bangun Samudra Utami Diah Kusumawati Uwell's King Shop Uwell's Setiawan Veven Sp. Wardhana Viddy AD Daery Virdika Rizky Utama W. Haryanto W.S. Rendra Wachid Nuraziz Musthafa Wahyu Aji Wahyudi Zuhro Wan Anwar Warjati Suharyono Wawan Eko Yulianto Wawan Hudiyanto Wawancara Wayan Sunarta Welly Suryandoko Willem B Berybe Winarta Adisubrata Wong Wing King Wuri Kartiasih Y. Wibowo Yanuar Jatnika Yanuar Yachya Yaumu Roikha Yayasan Thoriqotul Hidayah 1 Yerusalem Ibu Kota Palestina Yesi Devisa YF La Kahija Yogyo Susaptoyono Yohanes Sehandi Yok’s Slice Priyo Yoks Kalachakra Yona Primadesi Yonathan Rahardjo Yudi Latief Yuli Yuni Ikawati Yurnaldi Yushifull Ilmy Yusri Fajar Yusuf Suharto Zahrotun Nafila Zaim Uchrowi Zainal Arifin Thoha Zaki Zubaidi Zamakhsyari Abrar Zawawi Se Zehan Zareez Zelfeni Wimras Zen Hae Zuhdi Swt